Thursday 14 November 2013

John Henry Poynting, Fisikawan Inggris

John Henry Poynting.jpg
John Henry Poynting (9 September 1852 - 30 Maret 1914) adalah seorang fisikawan Inggris. Dia adalah seorang profesor fisika di Mason Ilmu College (sekarang Universitas Birmingham ) dari tahun 1880 sampai kematiannya .
Poynting adalah anak bungsu dari Thomas Elford Poynting, seorang menteri Unitarian. Dalam masa kecilnya ia dididik di sebuah sekolah dioperasikan oleh ayahnya . Dari 1867-1872 ia menghadiri Owen College, sekarang Universitas Manchester, di mana guru fisika termasuk Osborne Reynolds dan Balfour Stewart. Dari 1872-1876 dia adalah seorang mahasiswa di Universitas Cambridge , di mana ia mencapai penghargaan tinggi dalam matematika setelah mengambil grinds dengan Edward Routh . Pada tahun 1870-an ia bekerja di Laboratorium Cavendish di Cambridge di bawah James Clerk Maxwell.

Dia adalah pengembang dan eponim dari vektor Poynting, yang menggambarkan arah dan besarnya aliran energi elektromagnetik dan digunakan dalam teorema Poynting , pernyataan tentang konservasi energi untuk listrik dan medan magnet. Karya ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1884. Dia melakukan pengukuran konstanta gravitasi Newton dengan cara inovatif selama 1893. Pada tahun 1903 ia adalah orang pertama yang menyadari bahwa radiasi matahari dapat menarik partikel kecil ke arah itu. Hal ini kemudian disebut sebagai efek Poynting - Robertson.
Poynting dan pemenang Nobel JJ Thomson co - menulis sebuah buku fisika sarjana multi- volume, yang di cetak selama sekitar 50 tahun dan digunakan secara luas selama sepertiga pertama abad ke-20. Poynting menulis sebagian dari itu.
Poynting hidup pada 11 St Augustine Road, Edgbaston dengan keluarganya dan pembantu selama beberapa tahun . Dia sebelumnya tinggal di 66 Beaufort Road, Edgbaston (dibongkar) dan meninggal karena diabetes koma, Berusia 61 tahun, di Edgbaston pada tahun 1914.

0 comments:

Post a Comment