Monday 18 November 2013

Joseph Louis Lagrange, Astronom Italia

Langrange portrait.jpg

Joseph - Louis Lagrange (Giuseppe Luigi Lagrancia, lahir 25 Januari 1736 di Turin, Piedmont; meninggal 10 April 1813 di Paris) adalah seorang Pencerahan Italia Era matematikawan dan astronom. Dia membuat kontribusi signifikan untuk semua bidang analisis, teori bilangan, dan mekanik klasik dan langit.
Pada rekomendasi Euler dan d' Alembert, pada 1766 berhasil Lagrange Euler sebagai direktur matematika di Prussian Academy of Sciences di Berlin, Prusia, di mana ia tinggal selama lebih dari dua puluh tahun, menghasilkan tubuh besar bekerja dan memenangkan beberapa hadiah dari Perancis Academy of Sciences. Risalah Lagrange pada analisis mekanik, yang ditulis di Berlin dan pertama kali diterbitkan pada tahun 1788, menawarkan perawatan yang paling komprehensif mekanika klasik sejak Newton dan membentuk dasar bagi pengembangan matematika fisika di abad kesembilan belas.
Pada 1787, pada usia 51 tahun, ​​ia pindah dari Berlin ke Paris dan menjadi anggota Akademi Perancis. Dia tetap di Perancis sampai akhir hidupnya. Ia secara signifikan terlibat dalam decimalisation dalam Revolusi Perancis , menjadi guru besar pertama analisis di École Polytechnique pada pembukaannya pada 1794, mendirikan anggota Bureau des Longitudes dan Senator pada 1799.

0 comments:

Post a Comment